Maret 21, 2011

teknologi infra struktur bisnis

  1. 1. Access the web and use a search engine to find the latest version of the popular web browsers. What are its new characteristics? How much does it cost, if anything?


Browser Mozilla Firefox sangat popular dikalangan para pengguna internet. Hal tersebut tidak terlepas dari kelebihan yang dimiliki, mulai dari security sampai dengan kecepatan yang dimiliki, tentunya penyediaan yang bersifat gratis bahkan inovasi dandanan tampilan mozilla firefox juga disediakan secara gratis. Kita bisa mendapatkannya secara gratis dan tanpa pendaftaran apapun, sesuai dengan karakter browser ini yang disediakan secara gratis bagi para penggunanya.
Berbagai macam tampilan untuk dandanan browser anda, mulai dari abstrak, sport, natural, trendi dan sebagainya. Terdapat juga dandanan yang disenangi oleh anak-anak berupa binatang yang lucu dan sebagainya.
Web browser memiliki fungsi sebagai:
Mendapatkan informasi yang diminta penggunberinteraksi dengan server
Menampilkan dokumen dengan format digital atau elektronik
Menyimpan dan mengunduh dokumen ( upload/download)
Komunikasi ( e-mail, chatting, mesengger, facebook dll)
Newsgroups dan milis
Berbelanja secara elektronik dantransaksi elektronik lainnya seperti e-commerse
Sarana hiburan ( games, musik dan video)
Belajar online.
2. List some application servers. Access the web and find the latest version of the application servers mentioned in the text. When were they released? Can you make any conclusion about the release cycle of Internet software in comparison to other business software (e.g. spreadsheet, word processor, accounting packages)?


Beberapa Aplikasi Server :
Glassfish adalah sebuah server aplikasi (application server) Java EE Open Source yang menggabungkan sejumlah teknologi Java lainnya termasuk JavaServer Pages (JSP), JavaServer Faces (JSF) dan Enterprise JavaBeans. Proyek Glassfish dimulai pada tahun 2005 dan sejak versi 2.0 Glassfish menerapkan teknologi cluster didukung kemampuan pengelolaan terpusat. Versi 3 saat ini sedang dikembangkan dan tersedia utnuk diuji coba.
Aplikasi Oracle E-Business Suite Special Edition, sebuah paket aplikasi bisnis yang lengkap dan pre-configured yang memungkinkan pengelolaan seluruh fungsi bisnis inti secara efisien, seperti interaksi pelanggan, pengelolaan finansial, sumber daya manusia dan pengelolaan rantai pasokan. Arsitektur terbuka Oracle memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan aplikasi sebagai modul individual, alur bisnis atau paket terintegrasi.
perbandingin perkembangan application server dengan spreadsheet, word processor/accounting packages.
Spreadsheet, adalah perangkat lunak yang menyediakan fungsi-fungsi dasar dalam pengaturan data menjadi bentuk kolom dan baris yang memperbolehkan si pengguna untuk melakukan analisa secara numerik.  Yang termasuk dalam katagori ini seperti Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel.
Word Processor, adalah katagori perangkat lunak yang mencakup fungsi lengkap dari suatu perangkat lunak pengolah kata dengan fungsi dasar yang memperbolehkan si pengguna untuk membuat dokumentasi berupa teks.  Yang termasuk dalam katagori ini seperti Novell’s WordPerfect for Windows dan Microsoft’s Word for Windows.
Accounting, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat laporan keuangan/assets dari suatu organisasi.  Yang termasuk didalamnya ialah general ledger, account payable/receiveable, payroll, dan business tax preparation packages.  Contohnya: CA’ Simply Accounting, Great Plains’ Accounting Series, Intuit’s Quickbooks, dan Peachtree’s Accounting.
3. List some commercial database management systems. What are the current characteristics of these products?


DBMS adalah sistem penyimpanan dan pengambilan data yang mengijinkan beberapa aplikasi untuk mengakses data tersebut dalam sebuah sistem terpadu sehingga tidak terjadi data redundancy dan integritas data dapat dipertahankan.

Gambar DBMS

Contoh dari DBMS yaitu :
Oracle, SQL Server, Informix, DB2 dll.





Karakteristik Database dalam Database Management System (DBMS) Database memiliki tiga karakteristik utama, yaitu:
• Data yang sama dapat diakses secara serempak oleh beberapa pengguna untuk berbagai kegunaan yang berbeda.
• Data tidak bergantung kepada struktur penyimpanan atau cara membaca data dari program aplikasi, atau data bersifat transparan terhadap program aplikasi.
• Data memiliki integritas (yaitu akurasi dan validasi) yang terkendali.
Empat hal penting dalam DBMS
a. Query language
b. Security consideration
c. Biaya tidak langsung pemrosesan
d. Kecocokan dengan tipa aplikasi
Elemen-elemen utama dari DBMS ;
· Data description language processor
· Performance statistics processor
· Modul backup/recovery
· Manajer database
Keuntungan DBMS
· Mengurangi pengulangan data
· Mencapai independesi data
· Mengintegrasikan data beberapa file
· Mengambil data dan informasi secara cepat
· Meningkatkan keamanan
· Meningkatkan presentasi kesiapan data (data availability) yang berarti tersedia pada waktu dibutuhkan.
· Mempercepat penyimpanan dan pengambilan data.
· Mempercepat dan mempermudah pemrosesan data
· Mengurangi penyimpanan data yang rangkap.
· Mempermudah pemrograman karena lebih fleksibel.
Kerugian DBMS
· Kurangnya ahli Data Base
· Biaya pemrosesan data sangat tinggi
· Kebutuhan software dan Hardware yang bertambah
· Penggabungan dan pengamanan data
Mangikat pemakai untuk
· Memperoleh perangkat lunak yang mahal
· Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar
· Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA
Beberapa fungsi yang disediakan oleh DBMS ini antara lain:
• Mengatur dan mengontrol data dalam jumlah yang besar.
• Melakukan backup, recovery, dan logging terhadap database.
• Menyederhanakan dan memperluas database security.
• Melakukan pemeriksaan terhadap integritas data.
4. Go to the website of IBM, Oracle, Informix and Sybase. Is there any mention of e-commerce associated with their database products? What suite or partnership do they list with related e-commerce offerings? (note: Informix now part of IBM)


www.ibm.com
IBM mengumumkan versi terbaru dari Net Commerce untuk AS/400, yang lebih memudahkan pelanggan berskala kecil dan menengah untuk membangun, menjalankan dan mengelola toko elektronisnya di server yang andal dan berpengaman (secure).
IBM Net Commerce untuk AS/400 Versi 3 mendukung lingkungan e-commerce dari bisnis-ke-bisnis dan dari bisnis-ke-konsumen. Net Commerce menyediakan solusi total, dari pembuatan katalog dan situs sampai ke pemrosesan pembayaran dan pemenuhan pesanan (order fulfillment).
Kemampuan ini memungkinkan pelanggan mengintegrasikan toko-toko on-line mereka dengan seluruh operasi bisnis mereka, sekaligus menambahkan kapabilitas E-mail, kelompok diskusi dan bulletin board ke situs tersebut.
Produk-produk ecommerce pada ibm antara lain :
Software
Storage
Servers & systems
Internet security
Personal computers
Point of sale
Printing systems from InfoPrint
Semiconductors
Upgrades, accessories & parts
Certified used systems & storage
Communities
Small business products
Medium business products.




www.oracle.com
Oracle (NASDAQ: ORCL) adalah perusahaan piranti lunak enterprise terbesar di dunia yang menyediakan piranti lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk-produkdatabaseapplication server, collaboration selain enterprise business applicationsdan perangkat application development. Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas Internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya databaserelational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern. PT Oracle Indonesia adalah anak perusahaan dari Oracle Corporation, yang didirikan pada tahun 1995. Oracle juga menjual produk-produknya dengan e-commerce, hal ini untuk mempermudah pelanggan untuk membeli dari produk oracle.
Produk-produk ecommerce pada Oracle antara lain :
Oracle Database
Oracle Fusion Middleware
Oracle Applications
Server and Storage Systems
Development Tools
Oracle On Demand
Oracle CRM On Demand
Product A-Z List



www.sybase.com
Sybase IQ atau disebut Sybase Adaptive Server IQ, merupakan sebuah software sistem relational database untuk penyimpanan data (data warehousing). Sebagai DBMS yang berorientasi pada kolom, Sybase IQ menyimpan data tabel sebagai bagian kolom2 data daripada barisan data. Sybase.com juga memasarkan produknya dengan menggunakan e-commerce.
Produk-produk ecommerce pada Sybase antara lain:
Database Management

Analytics & Business Intelligence
Mobile Enterprise
Mobile Messaging
Mobile Commerce
Modeling & Development







5. List the main Web servers. What types of companies are offering the leading servers? Distinguish between open source and proprietary products. Who is providing support for the products? How much do they cost? Do you think the Web server purchase price is a significant factor in budget considerations for a large e-commerce initiative?



www.jmm.com
Jupiter Media Metrix adalah perusahaan yang memberika pelayanan pada analisis dan pengukuran dampak akhir dari internet dan teknologi baru pada E-Commerce dan pemasaran. Didudukung dengan data yang sesuai, analisis industri yang spesifik, wawasan persaingan dan saran strategis. Pada web ini dapat dilihat E-Commerce dari Jupiter Media Metrix. Fasilitas yang diberikan antara lain, pelayanan riset, internet.com / earthweb.com, peristiwa-peristiwa, berita dan informasi perusahaan. Pelayanan riset meliputi riset analis Amerika serikat, riset analis Eropa, riset industri vertikal, riset adat, penyerahan hasil riset, penasehat program.
www.arfsite.org
ARF mempromosikan pemasaran konsumen dan bisnis, riset media dan periklanan dengan kualitas tertinggi, mengembangkan basis pengetahuan, menyediakan peluang-peluang untuk semua segmen industri dan mengkomunikasikan dan mempromosikan penelitian dan pengetahuan ini lewat publikasi, konferensi, seminar, pusat informasi dan leawat yang lainnya.   Perusahan ini didirikan pada tahun 1938 dan merupakan perusahaan nonprofit. Advertising Research Foundation (ARF) bergerak dalam bidang periklanan, pemasaran dan riset media. Lebih dari 400 pengiklan, agen periklanan, perusahaan riset, perusahaan media, institusi pendidikan dan anggota asosiasi ARF. Pada web ini E-Commerce dari Advertising Research Foundation. Fasilitas yang diberikan oleh E-Commercenya, antara lain Penghargaan ARF yang dikenal dengan “ARF David Ogilvy Researchh Award”,  Konferensi dan Workshop, Kegiatan Pengurus ARF, Keanggotaan dan Publikasi ARF. Kegiatan Pengurus ARF meliputi pengembangan dan evaluasi kreativitas, pengukuran media digital, kinerja pemasaran, akuntabilitas media, metode dan teknik media, peiklanan luar ruang, mencetak hasil penelitian, riset kualitatif, riset radio, metode dan praktek kualitas riset, media elektronik video, yellow pages dan riset pemuda.
www.msn.com
MSN menarik lebih dari 270 juta pengunjung seluruh dunia setiap bulan. Menyediakan 34 pasar dan 18 bahasa. MSN merupakan pemimpin dunia dalam penyerahan pelayanan web kepada pelanggan dan solusi pemasaran digital untuk bisnis global. MSN membawa pelanggan kepada yang mereka butuhkan dari web untuk membuat sebagian besar waktu mereka online. Fsilitas yang diberikan oleh E-Commerce MSN antara lain, MyMSN, Hotmail, Search, Shopping, Money dan Chating. Pada web ini ditunjukkan E-Commerce dari MSN.
Open source merupakan suatu konsep yang sangat tepat untuk membentuk infrastruktur teknologi eCommerce. Bukan saja karena factor harga dan teknologi, tetapi juga dari keamanan. Bukan saja sistem yang aman, tetapi kemungkinan memanfaatkan sesuatu teknologi tidak dibatasi oleh Negara lain.
Untuk masalah harga. Sebaiknya harus lebih Selektif dalam memilih web Hosting. Karena  mengingat begitu banyaknya perusahaan Web Hosting yang berlomba memberikan harga murah dan fasilitas yang lengkap, namun faktanya mereka memiliki kekurangan yang bisa disembunyikan. Dan Jangan sampai mengeluarkan uang dengan sia-sia namun tidak mendapatkan jumlah yang tidak selayaknya.
6. Access the web and find the current rate for website hosting. What are the criteria used by the ISP for pricing?
Jawab.
Beberapa kriteria penentuan harga web hosting adalah :
Advertising dalam web
Affiliasi
Traffic
Backlink
Pagerank
Hits
Selain itu beberapa pertimbangan lain adalah :
» Registrasi Nama Domain.  Pendaftaran untuk nama domain website anda seperti:  .com, .net, .org, .biz, .info dll.
» Unlimited Web Hosting. Tidak ada batasan untuk Kapasitas penyimpanan data web, Traffic, Email POP3, Webmail.
» Unlimited Web Pages. Tanpa adanya batasan untuk jumlah Halaman Website yang bisa ditambahkan oleh pemilik website.
» Design Halaman web. Mencakup : Company Profile, Jenis Product dan Layanan, Halaman Contact, Image Gallery, Formulir, Instalasi Addon pilihan, dll.
» Setup Sitemap Membuat index link untuk seluruh halaman web guna mendapatkan listing index web di mesin pencarian lebih baik (optional)
» Submit website. Mendaftarkan website anda ke Search Engine terkemuka seperti Yahoo, Google, MSN, Hotmail (optional)
» Setup Site Analytic. Tool lengkap untuk visitor tracking (optional)
» Hak Akses penuh. Hak Admin untuk Administrator, dan Pengelolaan Server Hosting kepada pemilik web.
» Full Support selama 2 Bulan, Dukungan selama 2 bulan oleh web hosting untuk Update Konten Web, Perbaikan jika ada error, dll. (Bisa di upgrade ke 12 bulan penuh)
» 24/7  Client Support. Dukungan pada klien selama 12 bulan yang dilakukan melalui Client Area Web hosting.
» Panduan Dasar Pemakaian Website. Tutorial secara langsung (optional) dan secara online untuk dapat mengoperasikan sendiri cms web yang dibuat.

Teknologi Infrastruktur E-Bisnis [IV]

July 8, 2010 - 9:44 amNo Comments
  1. Differentiate between secrecy, integrity, and availability
Secrecy adalah segala hal yang dihasilkan (baik informasi,data.dsb) atau dikeluarkan oleh sistem yang bersifat rahasia. misalnya data yang terdapat didalam suatu perusahaan bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh pihak ketigayang bertujuan untuk menjaga rahasia perusahaan dan strategi perusahaan.
Integrity adalah integritas data,data yang dihasilkan harus yakin benar dari sumber yang terpercaya kemudian didalamnya terkandung informasi yang sebenarnya,tidak ada virus atau worm atau program jahat yang menumpang didalamnya. Jaringan komputer mau tidak mau harus terlindungi dari serangan (attacks) yang dapat merubah data.
Availability adalah ketersediaan, sistem harus dapat menjamin pengguna untuk mengakses layanan yang diberikan. . Sehingga untuk semua aktifitas jaringan, ketersediaan data sangat penting untuk sebuah system agar dapat terus berjalan dengan benar.
  1. 2. On the Web, access the site of one anti-virus vendor and list some of the most recent virus warnings. What do they have in common?
Daftar deteksi virus-virus terbaru, informasi virus-virus berbahaya dan tidak, Cara penyerangan/penginfeksian virus dan akibat dari serangannya.
  1. 3. What is a proxy server? What functions are provided by a proxy server?
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.
Tujuan dari Proxy Server adalah :
1. Meningkatkan kinerja dari jaringan Komputer lokal, karena Proxy Server dapat menyimpan hasil dari semua permintaan user pada sejumlah waktu tertentu.
2. Memfilter permintaan (Filtering Request) dari user dengan cara pembatasan hak akses dari setiap user.
Fungsi utama Proxy server adalah :
Conecting sharing
Fungsi Proxy disini adalah penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP dan dihantarkan ke IP lain ataupun ke IP komputer milik sendiri.
Filtering
Beberapa proxy dilengkapi juga dengan firewall yang mampu memblokir atau menutup alamatnya suatu IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.
Caching
Artinya menyimpan proxy juga dilengkapi media penyimpanan data suatu website dari query atau permintaan akses pengguna, jadi misalkan permintaan mengkases suatu website bisa lebih cepat apabila sudah terdapat permintaan akses ke suatu website pada pengguna proxy sebelumnya.
  1. 4. What is the role of directory service software? Find which solutions are the most popular in the marketplace. Why do you think it is so?
Banyak peran yang dimanfaatkan dari directory service software, misalnya dalam hal mencari informasi yang dilakukan oleh pengunjung suatu website. Pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan informasi barang atau jasa dengan waktu yang singkat, sehingga sangat efisien dan fleksibel. Banyak produk suatu barang dan jasa yang sudah dikelompokan kedalam suatu kategori yang lebih spesifik/khusus, sehingga pengunjung website tersebut akan merasa lebih mudah dalam pencarian informasi barang/jasa yang di inginkan. Misalnya seperti website amazone.com dan e-bay.
  1. 5. What type of person should conduct a security audit? Do you think that internal or external personnel are preferable?
Audit teknologi informasi adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh, audit teknologi informasi secara umum merupakan proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi dalam perusahaan untuk menentukan apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara efektif, dan integratif dalam mencapai target organisasinya.
Keuntungan adanya audit antara lain:
• menilai keefektifan aktivitas aktifitas dokumentasi dalam organisasi,
• memonitor kesesuaian dengan kebijakan, sistem, prosedur dan undang-undang perusahaan,
• mengidentifikasi sistem yang mungkin mengakibatkan ketidaksesuaian di masa datang,
• menyediakan informasi untuk proses peningkatan,
• meningkatkan saling memahami antar departemen dan antar individu,
• melaporkan hasil tinjauan dan tindakan berdasarkan resiko ke manajemen.
Menurut saya pihak yang melakukan audit harus berkoordinasi baik dari internal personel ataupun eksternal personil, karena banyak pihak yang akan dilibatkan dalam proses audit trsebut dan  hal ini dilakukan agar proses audit akan berjalan sesuai dengan harapan dari perusahaan.
Dan biasanya pihak-pihak yang akan diaudit adalah :
• pihak management,
• manajer teknologi informasi,
• dan lain ,database admin, system analyst, programmer, spesialis teknologi informasi seperti technical support, network administrator,
• user.
6.   List five examples of virus-checking software.
Smadav, AVG, Kaspersky,Avast,Norton,Mcaphee


http://vizi.blog.binusian.org/category/teknologi-infrastruktur-e-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar