Maret 21, 2011

Sejarah dan pengembangan konsep arsitektur perusahaan

Harapan dasar dari arsitektur enterprise adalah dapat memahami strategi bisnis dan proses, berdasarkan desain tingkat atas teknologi informasi untuk menciptakan struktur IT kuat dan fleksibel, membangun lingkungan TI yang harmonis.

Tujuan dasar dari arsitektur enterprise

Dengan penerapan mendalam IT, TI lebih erat terkait dengan bisnis, tetapi TI juga dihadapi dengan masalah peningkatan, seperti bisnis dan TI kesenjangan, fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan miskin, kacau sistem teknis yang kompleks, standar teknis tidak kompatibilitas, interoperabilitas, sistem teknologi miskin, kerentanan sistem keamanan, sistem IIT tidak standar.

IT Review proses konstruksi, kita akan menemukan masalah ini adalah alasan penting adalah, pengembangan IT dari sudut pandang organisasi tidak adanya suatu kerangka menyeluruh untuk perencanaan dan desain. Seringkali kebutuhan departemen bisnis yang berbeda, IT departemen untuk server yang berbeda, platform perangkat lunak dan database untuk memenuhi kebutuhan bisnis, perusahaan mendapatkan sepotong IT bulan arsitektur. Harus dikatakan bahwa setiap perusahaan memiliki arsitektur TI sendiri, tapi ini alami membingungkan dan kompleks arsitektur IT, TI dukungan bagi pengembangan usaha untuk menjadi membosankan.

Dalam konteks ini, para manajer organisasi membutuhkan solusi atau ide untuk menjawab: bagaimana membuat dan menerapkan strategi TI dan strategi bisnis, sistem TI? Bagaimana menerapkan sistem TI fleksibilitas dan interoperabilitas, untuk lebih cepat merespon kebutuhan bisnis? Bagaimana Mengurangi investasi TI dan biaya operasi, dan lebih dari pengembalian investasi IT? Bagaimana mengelola kerumitan struktur TI?

Apakah justru karena ini, perusahaan arsitektur (EA) dari teori dan metode yang lebih dan lebih oleh pemerintah, perusahaan dan perhatian vendor TI. Harapan dasar dari arsitektur enterprise adalah dapat memahami strategi bisnis dan proses, berdasarkan desain tingkat atas teknologi informasi untuk menciptakan struktur IT kuat dan fleksibel, membangun lingkungan TI yang harmonis, seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1 mewujudkan tujuan dasar .



Arsitektur Enterprise untuk mencapai tujuan dasar (Tabel 1)



Zhao Gang

Sejarah perkembangan arsitektur enterprise

Bentuk dari teori arsitektur bisnis perusahaan pemodelan dan ide. Pada abad ke-20, awal era 80-an, di samping akademisi, sangat sedikit orang di rekayasa ulang proses bisnis atau bisnis tertarik pada model gagasan, dan penggunaan teori dan model biasanya terbatas pada desain sistem informasi tertentu dan pembangunan.

Pertengahan abad ke-20, 80, juga karya John Zachman IBM memperkenalkan "kerangka arsitektur sistem informasi pertama" konsep. Zachman telah diakui sebagai pelopor dalam bidang arsitektur enterprise, ia menganggap menggunakan logika cetak biru perusahaan konstruksi (yaitu, skema a) untuk menentukan dan 控制 sistem perusahaan dan komponennya integrasi sangat berguna. Untuk tujuan ini, Zachman mengembangkan informasi, proses, jaringan, personil, Shi Jian, Ji Ben alasan enam perspektif Qi Ye, 也 disediakan berkaitan dengan pandangan seperti relatif masing-masing harus enam model, termasuk semantik, Gainian, logika, fisika, Model komponen dan fungsi.

Pada saat itu, Zachman tidak menggunakan "Enterprise Architecture" konsep. 1996 U. S. Cohen Clinger-Undang (sebelumnya dikenal sebagai Reformasi Manajemen Teknologi Informasi UU) telah menyebabkan arsitektur istilah "IT" dari produksi. Inti utama dari RUU ini, badan-badan pemerintah federal AS pendekatan terpadu bawahan pemerintah bimbingan kepada manajemen melalui pembentukan pengenalan teknologi informasi, penggunaan dan pembuangan. Clinger-Cohen Act mengharuskan instansi pemerintah CIO bertanggung jawab atas pengembangan, pemeliharaan dan membantu arsitektur rasional dan terpadu TI (ITA) pelaksanaan, maka istilah ITA, kini ditafsirkan sebagai IT Enterprise Architecture (EA).

Oleh karena itu, aplikasi pertama dari arsitektur enterprise di beberapa lembaga pemerintah AS, pemerintah AS untuk mempromosikan penerapan arsitektur enterprise juga memainkan peran yang sangat penting. Sejak diperkenalkannya Zachman Framework, National pertama Teknologi Standards Institute diterbitkan pada tahun 1989, kerangka NIST muncul dari banyak dalam kerangka Pemerintah Federal, badan federal lainnya juga merilis Enterprise Architecture Framework, termasuk Departemen Pertahanan Nasional (DOD), dan Departemen Keuangan ( DOT) dan sebagainya.

September 1999, U. S. Federal CIO Council diterbitkan Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF), itu dimaksudkan untuk memberikan kerangka untuk agen federal struktur masyarakat, dalam rangka memfasilitasi proses bisnis publik agen federal, pengenalan teknologi, arus informasi dan koordinasi sistem investasi.

FEAF mendefinisikan suatu arsitektur enterprise IT sebagai basis aset informasi strategis yang mendefinisikan bisnis, operasi bisnis untuk informasi bisnis dan dukungan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis TI teknologi untuk merespon perubahan bisnis diperlukan untuk menerapkan teknologi baru dan elemen lain dari proses perubahan.

Selanjutnya, U. S. Kantor Manajemen dan Anggaran (OMB) yang diterbitkan OMB Circular A-130, mewajibkan lembaga untuk merekam dan mengirimkan arsitektur enterprise awal mereka ke OMB, dan struktur mereka telah mengalami perubahan yang signifikan untuk diperbarui. Ini adalah tanggung jawab kepada OMB, yang membantu untuk mempromosikan lembaga-lembaga pemerintah dan pemerintah Inter-lembaga pengembangan usaha arsitektur, dan dukungan pemerintah melalui penggunaan IT untuk meningkatkan kemampuan operasional.

Februari 2002, OMB membentuk arsitektur enterprise kantor program federal manajemen untuk mengembangkan FEA, perannya adalah dalam program-program lembaga federal dan prosedur antar-instansi, penerapan analisis lintas-sektoral untuk menemukan duplikat investasi, menemukan kesenjangan antara membantu dalam koordinasi dalam pemerintah federal, interoperabilitas dan interaksi.

FEA berisi deskripsi dari lima pemerintah federal model referensi: (1) bisnis (atau misi) proses dan fungsi, independen dari pelaksanaan agensi mereka (2) kinerja tujuan dan output skala (3) berarti operator selular (4) informasi dan data Definisi (5) standar teknologi. Referensi model dimaksudkan untuk menginformasikan lembaga pemerintah telah mengembangkan arsitektur enterprise lembaga-spesifik yang mereka, dan membuat lembaga-lembaga untuk memastikan investasi mereka tidak melakukan investasi dalam rangkap dengan lembaga-lembaga lain, dan mengejar proyek yang mungkin dilakukan bersama-sama.

Konsep arsitektur enterprise segera diakui perusahaan konsultan dan lembaga penelitian, yang pertama dari analisis arsitektur perusahaan dan penelitian perusahaan konsultan Gartner diperoleh terutama oleh META Group. 2000, META Group dirilis "Enterprise arsitektur di Desktop Referensi", menyediakan metodologi yang telah terbukti untuk menerapkan arsitektur enterprise, dimaksudkan untuk membangun strategi bisnis yang sukses dan teknis pelaksanaan sebagai jembatan antara. Konsultasi dan lembaga-lembaga penelitian di didorong, IBM, Microsoft, HP, EDS dan vendor TI lainnya harus melihat ke arsitektur enterprise berkumpul, berharap untuk menemukan dari sudut pandang bisnis produk dan layanan mereka.

Selanjutnya, pemerintah, bisnis, konsultasi dan lembaga penelitian, produsen partisipasi luas, arsitektur enterprise standar lebih banyak dan lebih penting, juga menghasilkan sejumlah kelompok penelitian dan kerangka kerja standar. Saat ini, yang paling terkenal perusahaan industri kerangka arsitektur adalah TOGAF (Open Group Architecture Framework adalah: The Open Group Architecture Framework), TOGAF adalah sebuah industri arsitektur kerangka kerja standar yang dapat harapan untuk mengembangkan sebuah arsitektur sistem informasi organisasi secara gratis dalam organisasi digunakan.

Dari pertengahan tahun 90an abad ke-20, TOGAF telah beberapa pelanggan di dunia TI terkemuka dan pengembangan vendor dan evolusi terus. struktur serupa dengan kerangka arsitektur enterprise TOGAF, termasuk pemerintah federal (FEAF), perusahaan arsitektur bimbingan pemerintah federal, Treasury Enterprise Architecture Framework (TEAF), Spewak Perencanaan Arsitektur Enterprise (EAP), kerangka kerja Zachman, OMG MOD jadi.

Konsep dasar arsitektur enterprise

Arsitektur (Arsitektur)

Weber kamus, "arsitektur" didefinisikan sebagai "kesadaran dari proses sebagai hasil dari bentuk atau struktur; suatu bentuk kesatuan atau koheren atau struktur; seni arsitektur atau ilmu pengetahuan." bagian kunci dari definisi ini adalah perwujudan dari struktur tertentu, dan keindahan hal hal untuk pendekatan, sadar metodis.

Struktur biasanya total membangun visi, dan untuk mempertimbangkan kendala eksternal, kebutuhan pelanggan, kendala internal, kendala teknis dan sebagainya, melalui logika terstruktur dengan realisasi ultimate struktur. Kerangka terdiri dari proses membangun kerangka konsep koneksi dengan perangkat pelaksanaan, proses, dokumen, rencana dan cetak biru dari himpunan.

Industri TI secara umum kerangka "" tidak memiliki sejarah yang sangat panjang, tapi untuk menggunakan aturan yang sama diikuti.

Arsitektur Enterprise (Enterprise Architecture)

Zachman merupakan definisi-EA merupakan elemen kunci dari organisasi dan hubungan dari semua deskripsi yang komprehensif. Enterprise Architecture Framework (EAF) adalah metode yang dijelaskan pada cetak biru EA.

Clinger-Cohen Act of 1996 definisi-EA adalah sebuah kerangka kerja terpadu untuk berkembang atau mempertahankan teknologi informasi yang ada dan pengenalan teknologi informasi baru untuk mencapai tujuan strategis organisasi dan sumber daya informasi tujuan pengelolaan.

BUKA GROUP definisi-EA pada pemahaman berbagai perusahaan bisnis dari semua unsur bentuk dan bagaimana unsur-unsur tersebut saling terkait.

definisi OMB: EA adalah bisnis dan proses manajemen dan teknologi informasi, saat ini dan masa depan hubungan antara deskripsi dan catatan menunjukkan.

definisi MetaGroup: EA adalah sebuah proses yang sistematis yang mengungkapkan bisnis utama perusahaan, informasi, aplikasi dan strategi teknologi dan dampaknya terhadap fungsi bisnis dan proses pengaruh. Tentang bagaimana, dan bagaimana teknologi informasi diterapkan di perusahaan, EA menyediakan perspektif, konsisten holistik, agar konsisten dengan strategi bisnis dan pasar.

definisi Microsoft: EA proses inti sebuah perusahaan bisnis dan organisasi TI dalam suatu logika, oleh Li Zu Yuan, kebijakan dan pilihan teknologi untuk mendapatkan, dalam rangka mencapai standarisasi bisnis perusahaan Moxing operasi dan kebutuhan integrasi.

definisi IBM: EA adalah catatan dari semua sistem informasi dalam perusahaan, hubungan mereka dan bagaimana mereka menyelesaikan misi perusahaan cetak biru.

Dalam definisi arsitektur enterprise, beberapa konsep diturunkan sebagai bagian dari konsep arsitektur enterprise, termasuk arsitektur bisnis, dan arsitektur informasi, arsitektur teknis, arsitektur perangkat lunak.

Enterprise bisnis arsitektur (DBE)

arsitektur bisnis Enterprise adalah strategi bisnis utama dan fungsi bisnis perusahaan dan proses ekspresi pengaruh mereka. Biasanya berisi fungsi bisnis, proses dan informasi value chain model negara saat ini dan masa depan, melalui arsitektur informasi, arsitektur teknis dan portfolio aplikasi untuk diterapkan, keunggulan kompetitif dapat didefinisikan sebagai dukungan desain bisnis.

Arsitektur Informasi Enterprise (AMDAL)

Enterprise Informasi Arsitektur adalah seperangkat model DBE-didorong untuk menggambarkan rantai informasi perusahaan nilai, termasuk pembentukan model arus informasi penting untuk menggambarkan keluaran kegiatan bisnis utama, diperpanjang batas-batas organisasi dengan sumber eksternal informasi dan arah untuk memungkinkan perusahaan untuk melakukan bisnis cepat pengambilan keputusan dan berbagi informasi.

Enterprise-wide teknologi arsitektur (EWTA)

arsitektur teknologi Enterprise-lebar adalah seperangkat prinsip logis konsisten teknis untuk memandu sistem informasi organisasi dan rekayasa teknologi infrastruktur. EWTA adalah ekspresi dari keseluruhan strategi TI.

Arsitektur perangkat lunak

Dalam industri TI, infrastruktur konsep yang lebih umum dari sebuah aplikasi yang sebelumnya adalah sebuah perangkat lunak "atau arsitektur aplikasi." Berasal dalam rekayasa perangkat lunak, arsitektur perangkat lunak, perangkat lunak sistem organik pada pengambilan keputusan ditetapkan, pilihan elemen struktural dan elemen dari antarmuka antara antarmuka dan melalui kolaborasi antara unsur-unsur merupakan sistem perangkat lunak.

Lain struktur

Dalam konteks EA, CCID Consulting berpendapat bahwa struktur tersebut dapat memuat struktur manajemen TI lainnya, struktur tata kelola TI, kerangka kerja manajemen keamanan informasi.





http://www.softcov.com/id/computing-architecture/history-and-development-of-enterprise-architecture.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar